Hal yang Perlu Diketahui Seputar Susu Formula

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Susu Formula
Lifestyle

Susu formula merupakan alternatif yang dapat ibu pilih sebagai pengganti ASI. Terkadang pemberian ASI tidak disarankan bagi ibu yang memiliki masalah tertentu. Oleh sebab itu maka susu formula merupakan alternatif yang bisa Anda pilih. Tak hanya susu murah, ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar susu formula, yuk simak!

Apa Saja Jenis Susu Formula yang Ada?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis susu formula yang ada untuk mengetahui jenis susu formula apa yang cocok untuk sang buah hati. Pada umumnya sebagian susu formula terbuat dari susu sapi yang mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat berperan penting bagi tumbuh kembang si kecil.

Susu Formula yang Cocok untuk Sang Buah Hati

Banyaknya produk susu murah yang beredar di pasaran tentunya akan membuat Anda bingung jenis susu apa yang cocok untuk sang buah hati. Oleh sebab itu, Anda harus jeli dalam memilih susu formula yang cocok untuk si kecil. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bayi Anda mengenai susu formula apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Apakah Perlu untuk Mensterilkan Botol Susu Bayi?

Pada umumnya, penggunaan pertama botol susu bayi, Anda akan direkomendasikan untuk mensterilkan botol susu terlebih dahulu. Tapi apakah perlu untuk mensterilkan botol susu setiap membuat susu formula? Anda hanya dianjurkan untuk mencucibotol susu bayi dengan menggunakan air panas dan sabun setiap kali akan digunakan.

Biskah Susu Formula Disimpan dalam Lemari Es?

Ternyata Anda tidak dianjurkan untuk menyimpan susu formula dalam lemari es untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Susu formula yang sudah disimpan dalam lemari es sebaiknya tidak diberikan pada si kecil dan dibuang saja. Mengapa demikian? Sebab susu formula yang disimpan dalam lemari es tidak baik untuk dikonsumsi sang buah hati.

Berapa Lama Botol Susu Dapat Disimpan Pada Suhu Kamar?

Susu formula yang dibiarkan dalam suhu kamar hanya dapat bertahan dalam waktu 1 jam. Apabila sudah lebih dari satu jam maka sebaiknya jangan diberikan pada si kecil. Selain itu, apabila si kecil tidak menghabiskan susu formulanya, lebih baik dibuang saja. Sebab hal ini memungkinkan susu formula sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Bagaimana Susu Formula dengan Tambahan DHA atau ARA?

DHA dan ARA merupakan bahan yang kerap ditemukan pada sebagian susu formula untuk si kecil, namun ada juga jenis susu formula yang tidak mengandung DHA dan ARA. DHA dan ARA merupakan asam lemak jenuh ganda berkaitan dengan pertumbuhan otak dan syaraf anak. Nutrisi yang satu ini dapat ditemukan secara alami pada telur dan minyak ikan.

Ternyata asam lemak sendiri juga dapat ditemukan dalam ASI. Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu formula yang mengandung ARA dan DHA sangat bermanfaat bagi pertumbuhan kognitif otak anak dan perkembangan penglihatan pada si kecil.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar susu formula. Jadi pastikan Anda memperhatikan hal-hal tersebut sebelum memberikan susu formula untuk sang buah hati. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai produk susu murah dengan berbagai jenis hanya di orami.co.id. Yuk pesan sekarang juga!

shares