Tips Melakukan Pelekatan Menyusui Yang Pas dan Sempurna

Tips Melakukan Pelekatan Menyusui Yang Pas dan Sempurna
Kesehatan

Kegiatan memberikan ASI kepada buah hati merupakan hal natural, namun pada perkembangannya perlu latihan dan menemukan teknik yang pas. Terpenting untuk Anda lakukan mendapatkan pelekatan menyusui yang pas dan sempurna. Ketika sudah menemukan posisi yang pas, ini akan memudahkan pada proses berikutnya.

ASI sangat diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya dan banyak para ahli pun mengatakan untuk terus memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, lalu baru bisa diganti dengan makanan setelah memasuki usia 7 bulan. Untuk memenuhi kebutuhan sibuah hati, berikut ini akan membahas tentang perlekatan yang baik dan benar, simak ulasannya dibawah ini

1. Tentukan posisi yang nyaman

Untuk memberikan ASI pastikan dan tentukan terlebih dahulu posisi yang nyaman buat Anda, habis itu baru tentukan posisi si buah hati sudah benar agar dapat mendapatkan ASI. Cara yang tepat itu meletakkan bayi segaris lurus antara badan dan kepalanya, Anda tinggal menopang bahu, leher dan punggung. Kedepannya Anda dapat memilih beberapa posisi, terpenting bayi mendapatkan kebutuhannya dan Anda nyaman dalam melakukannya.

2. Terlebih dahulu kenalkan bayi Anda pada puting

Ini penting agar bayi Anda tidak menyakiti puting Anda dan mendapatkan pelekatan menyusui yang pas dan tepat. Untuk memberikan kenyamanan bersama lakukan dengan menjauhkan bibir bawah ke lingkaran bagian luar putting, setelah itu kepala sedikit terdorong ke belakang dan dagu bergerak, sehingga pada momen itu bibir bayi mulau untuk menyentuh payudara dengan merespon dan menyedot payudara Anda dengan tepat.

3. Lakukan pada waktu yang pas dan tepat

Untuk menentukan hal seperti ini Anda harus melihat mulut bayinya, jika rahangnya mulai kebuka kebawah segeralah untuk memasukkan payudara Anda ke dalam mulutnya, sehingga apabila Anda menunggu sampai mulut sibuah hati Anda kebuka lebar ini akan membuat mulutnya lebih cepat ketutup dan kesulitan untuk memasukkan separuh bagian payudara Anda. Fokus Anda harus lebih melihat mulut bagian bawah dan bagian atas akan mengikuti, dengan begitu Anda menemukan posisi yang tepat.

 4. Tanda pelekatannya pas dan sempurna

Ketika Anda sudah biasa memberikan ASI pada sibuah hati, maka Anda tidak akan merasakan kesakitan dan melihat bayi Anda sudah dapat menelan ASInya. Apabila Anda masih merasakan sakit dan sibuah hati belum dapat merasakan ASI nya, Anda dapat dengan melakukan dengan memasukkan satu jari ke tengah antara mulut bayi dan payudara Anda untuk lepaskan mulutnya dan ulangi kembali untuk menemukan pelekatan yang pas dan sempurna.

Nah, itulah beberapa tips untuk mendapatkan pelekatan menyusui yang pas dan sempurna untuk memberikan ASI eksklusif pada sibuah hati untuk melihat tumbuh kembang nya yang sehat dan cerdas kedepannya.

shares