Pengendara Motor Wajib Tahu Tips Paling Mudah Service Motor

Pengendara Motor Wajib Tahu Tips Paling Mudah Service Motor
Lifestyle

Service motor adalah hal yang harus dilakukan ketika Anda memiliki sepeda motor. Terkadang ada beberapa orang yang malas menyervis motornya dengan alasan tidak ada waktu atau tidak ada biaya. Padahal service motor merupakan salah satu upaya agar motor kesayangan Anda tidak cepat rusak dan dapat dipakai dalam waktu yang lama. Anda pun tidak harus setiap hari membawanya ke bengkel. Anda cukup menyervis motor secara berkala agar motor aman dan nyaman ketika digunakan. Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat digunakan sebagai informasi untuk Anda yang malas merawat motor kesayangan.

Tips Service Motor

  • Memeriksa Rantai

Hal pertama yang mesti dilakukan ketika menyervis motor adalah melakukan pengecekan pada rantai. Rantai motor adalah salah satu hal yang sering menjadikan motor menjadi bermasalah dan tidak nyaman digunakan. Permasalahan pada rantai yang paling sering terjadi adalah rantai putus atau rantai terlalu kering sehingga susah berputar. Cara menyervis rantai motor terbilang mudah, Anda hanya perlu melihat keadaan rantai. Jika rantai terlalu kencang, Anda dapat mengendorkannya atau sebaliknya. Dengan begitu, rantai tidak akan membahayakan pengendara motor.

  • Mengecek Ban

Ban adalah bagian motor yang penting. Ketika ban mengalami masalah entah bocor atau meletus, hal tersebut akan menyulitkan pengendaranya karena motor otomatis tidak dapat dijalankan. Oleh karena itu, salah satu hal yang mesti dicek ketika Anda melakukan service motor adalah mengecek ban. Anda wajib tahu tekanan angin pada ban sepeda motor Anda. Tekanan angin tidak hanya dapat membuat pengendara dapat melaju dengan nyaman dan aman, tetapi tekanan angin dapat menentukan keawetan pada ban. Jika ban memiliki tekanan yang tidak sesuai, maka ban bocor dan meletus dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

  • Memeriksa Rem

Motor akan dapat dikendalikan dengan mudah ketika rem pada motor dapat berfungsi dengan sempurna. Cobalah Anda bayangkan ketika rem motor mengalami masalah, pastilah nyawa dapat menjadi taruhannya karena rem motor dapat memicu kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik Anda memeriksa rem motor secara berkala. Saat Anda merasa kesulitan, Anda dapat membawa motor ke bengkel. Service pada rem akan dilakukan dengan melihat minyak pada rem. Saat dirasa minyak pada rem sudah hampir habis, maka pihak bengkel akan segera menggantinya agar rem dapat bekerja dengan maksimal.

  • Memeriksa Oli

Oli adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika Anda menyervis motor Anda, baik di rumah atau pun di bengkel. Biasanya, service motor yang paling sering dilakukan oleh pemilik motor adalah mengecek oli. Pengecekan oli wajib untuk dilakukan karena saat Anda melewatkannya, resikonya adalah mesin motor Anda akan rusak. Istilah ‘turun mesin’ akan Anda alami jika Anda membiarkan oli pada motor habis. Tetapi, jika Anda mengisi oli terlalu besar melebihi kapasitasnya, oli tidak dapat dibuat cadangan, malahan oli dapat membuat kerja mesin menjadi lola dan motor tentunya tidak akan nyaman digunakan untuk berkendara.

  • Memeriksa Air Radiator

Mungkin bagi sebagian orang, memeriksa oli saja sudah cukup ketika mereka diminta untuk menyervis motornya di bengkel. Ya, ada benarnya juga jika motor yang Anda miliki adalah motor matic atau motor gigi. Namun, jika yang Anda miliki adalah motor kopling 4 tak, periksa oli saja tidak cukup karena Andapun juga wajib memeriksa air radiator pada motor. Sama seperti oli, saat Anda melihat air radiator sudah menipis, Anda tidak boleh membiarkannya dan harus segera menambah air radiator sampai batas maksimal. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar mesin motor tidak rusak. Tentu saja Anda akan merasa rugi jika mesin motor menjadi rusak hanya gara-gara Anda lalai tidak mengecek air radiator pada motor kesayangan Anda.

Setelah Anda menyimak informasi di atas, Anda tidak boleh lagi menjadikan malas sebagai alasan Anda untuk tidak menyervis motor. Jika Anda mengabaikannya, bukan hanya motor saja yang rusak, Anda pun dapat terancam saat mengendarainya. Oleh karena itu, service motor secara berkala. Saat Anda tidak dapat melakukannya sendiri, Anda dapat meminta bantuan bengkel untuk pelayanan service motor. Semoga bermanfaat!

shares