Membedakan Nyeri Dada Kiri Akibat Serangan Jantung atau Hal Lain

Membedakan Nyeri Dada Kiri Akibat Serangan Jantung atau Hal Lain
Kesehatan

Nyeri dada di sebelah kiri memang dapat terjadi karena suatu hal. Tidak sedikit orang yang sudah pernah merasakannya. Sebenarnya, tidak semua nyeri dada kiri disebabkan oleh serangan jantung. Akan tetapi, terdapat berbagai sebab lainnya yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri tersebut. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan antara akibat penyakit jantung atau lainnya.

  • Memperhatikan Gejala Lainnya

Berdasarkan beberapa penelitian, nyeri dada di sebelah kiri disebabkan oleh beberapa hal karena orang yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan. Memang, penyebab nyeri dada di sebelah kiri adalah sakit jantung. Akan tetapi, hal tersebut tidak benar karena banyak penyebab berupa gangguan kesehatan lainnya yang salah satu gejalanya adalah nyeri dada di sebelah kiri.

Lalu, bagaimana cara untuk membedakannya? Anda harus mengetahuinya agar bisa menangani dengan baik. Cara untuk membedakannya adalah dengan memperhatikan berbagai gejala lainnya yang menyertai.

Jika nyeri dada karena serangan jantung, maka tidak ada gejala lain yang berhubungan dengan bagian tubuh lainnya. Berbeda halnya jika terdapat rasa sakit yang menyerang bagian tubuh lainnya. Jika saat nyeri dada di sebelah kiri tersebut terjadi dengan disertai sakit perut, sesak, atau hal lainnya, maka kemungkinan penyebabnya bukan penyakit jantung.

Hal tersebut berarti nyeri tersebut disebabkan oleh penyakit lainnya sesuai dengan gejala penyerta yang muncul. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca tanda-tandanya di situs penyedia informasi. Untuk memastikannya, segera periksakan ke dokter agar mengetahui sakit yang diderita.

  • Memperhatikan Riwayat Kesehatan

Riwayat kesehatan sangat penting sebagai informasi dalam menilai bagaimana kondisi kesehatan seseorang. Riwayat kesehatan bisa dijadikan pedoman Anda dalam mengetahui apa penyebab sebenarnya dari rasa nyeri dada kiri. Anda dapat mengetahui bagaimana kondisi kesehatan melalui riwayat kesehatan demi mengetahui nyeri dada karena penyakit jantung atau hal lainnya.

Anda dapat menggunakan informasi dari pemeriksaan terdahulu ataupun hasil cek kesehatan yang pernah dilakukan. Tentu saja hasil tersebut akurat karena dibuat berdasarkan pemeriksaan medis yang sesuai prosedur. Karenanya, Anda harus memastikan lagi ke dokter demi kebaikan dengan memastikan penyebab rasa nyeri tersebut sedini mungkin.

  • Memperhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup juga harus diperhatikan demi menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan ini sangat penting untuk memudahkan dan melancarkan semua kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan. Optimalnya kinerja juga dapat ditingkatkan jika gaya hidupnya sehat. Dalam hal ini, Anda dapat mengoreksi bagaimana gaya hidup yang diterapkan selama ini sampai mengalami nyeri dada itu.

Jika menemukan kesalahan dalam gaya hidup, misalnya gemar mengonsumsi makanan yang tidak sehat ataupun kurang istirahat, maka dapat menyebabkan penyakit jantung. Jika pola hidupnya mengonsumsi makanan yang pedas dan telat makan, maka rasa nyeri di dada kiri tersebut disebabkan gangguan dalam sistem pencernaan. Contoh tersebut berlaku untuk kebiasaan lainnya.

  • Memperhatikan Frekuensi Nyeri

Frekuensi rasa nyeri dada sebelah kiri yang dialami tentu saja bergantung pada penyebabnya. Frekuensi tersebut juga berkaitan dengan lamanya rasa nyeri yang dialami. Jika rasa nyeri tersebut sangat kuat dan sering terjadi, maka kemungkinan nyeri tersebut disebabkan oleh penyakit jantung.

Hal tersebut berbeda halnya jika frekuensi rasa nyeri tersebut tidak sering dan tidak terlalu kuat, maka penyebabnya adalah penyakit lainnya yang mempunyai gejala lain yang lebih utama. Pemeriksaan lebih lanjut akan memastikannya.

Itulah berbagai hal yang harus diperhatikan untuk membedakan rasa nyeri akibat seragan jantung atau penyebab lainnya. Memperhatikan berbagai hal lain yang menyebabkan nyeri dada kiri memang harus dilakukan agar bisa menanganinya dengan lebih baik. Sebaiknya, pastikan apa yang sebenarnya dialami dengan memeriksakan diri ke dokter.

shares