Limfoma Hodgkin, Bagaimana Cara Mengobatinya ?

Limfoma Hodgkin, Bagaimana Cara Mengobatinya ?
Kesehatan

Limfoma Hodgkin adalah kanker tidak biasa yang berkembang dalam sistem limfatik, yang merupakan jaringan pembuluh dan kelenjar yang menyebar ke seluruh tubuh. Sistem limfatik adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Cairan bening yang disebut getah mengalir melalui pembuluh limfatik dan mengandung sel darah putih yang melawan infeksi, yang dikenal sebagai limfosit.

Pada limfoma Hodgkin, limfosit B (jenis limfosit tertentu) mulai berkembang biak secara abnormal dan mulai terkumpul di bagian tertentu dari sistem limfatik, seperti kelenjar getah bening (kelenjar). Limfosit yang terkena kehilangan sifat melawan infeksi, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Gejala limfoma Hodgkin yang paling umum adalah pembengkakan yang tidak nyeri di kelenjar getah bening, biasanya di leher, ketiak atau selangkangan.

Limfoma Hodgkin dapat berkembang pada usia berapa pun, tetapi sebagian besar mengenai orang dewasa muda berusia 20-an dan orang dewasa di atas usia 70 tahun. Sedikit lebih banyak pria daripada wanita yang terkena. Terdapat beberapa pilihan cara mengobati limfoma hodgkin yang tersedia.

Apa yang menyebabkan limfoma Hodgkin?

Penyebab pasti limfoma Hodgkin tidak diketahui. Namun, risiko Anda terkena penyakit ini meningkat jika :

  • Anda memiliki kondisi medis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda
  • Anda minum obat imunosupresan
  • Anda sebelumnya pernah terpapar virus umum yang disebut virus Epstein-Barr – yang menyebabkan demam kelenjar
  • Anda juga memiliki peningkatan risiko terkena limfoma Hodgkin jika kerabat tingkat pertama (orang tua, saudara kandung, atau anak) mengalami kondisi tersebut.

Bagaimana limfoma Hodgkin didiagnosis ?

Satu-satunya cara untuk mendiagnosis limfoma Hodgkin adalah dengan melakukan biopsi. Ini adalah prosedur bedah kecil di mana sampel jaringan kelenjar getah bening yang terkena diangkat dan diteliti di laboratorium.

Limfoma Hodgkin adalah kanker yang relatif agresif dan dapat dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Meskipun demikian, ini juga salah satu jenis kanker yang paling mudah diobati. Cara mengobati limfoma hodgin utama yang digunakan adalah kemoterapi, diikuti oleh radioterapi atau kemoterapi saja. Pembedahan umumnya tidak digunakan sebagai pengobatan untuk kondisi tersebut. Secara keseluruhan, sekitar 85% orang dengan limfoma Hodgkin hidup setidaknya 5 tahun dan sebagian besar akan disembuhkan. Namun, ada risiko masalah jangka panjang setelah perawatan. Berikut 4 pilihan pengobatan yang bisa Anda lakukan :

  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah jenis perawatan kanker di mana obat digunakan untuk membunuh sel kanker. Obat ini dapat diberikan dalam beberapa cara berbeda, tergantung pada stadium kanker Anda. Jika dokter berpikir kanker Anda dapat disembuhkan, Anda biasanya akan menerima kemoterapi melalui infus langsung ke vena (kemoterapi intravena). Jika tidak mungkin sembuh, Anda hanya perlu minum tablet kemoterapi untuk membantu meringankan gejala Anda.

Kemoterapi biasanya diberikan selama beberapa bulan secara rawat jalan, yang berarti Anda tidak harus tinggal di rumah sakit. Namun, mungkin ada kalanya gejala Anda atau efek samping dari perawatan menjadi sangat menyusahkan dan mungkin diperlukan rawat inap yang lebih lama. Kemoterapi dapat memiliki beberapa efek samping, yang paling signifikan adalah potensi kerusakan pada sumsum tulang serta infertilitas dan peningkatan risiko pengembangan jenis kanker lain di masa depan. Ini dapat mengganggu produksi sel darah sehat dan menyebabkan masalah berikut : kelelahan, sesak napas, peningkatan kerentanan terhadap infeksi, pendarahan dan lebam lebih mudah.

  • Radioterapi

Radioterapi paling sering digunakan sebagai cara mengobati limfoma Hodgkin tahap awal, di mana kanker hanya ada di 1 bagian tubuh. Perawatan biasanya diberikan dalam sesi harian singkat, Senin hingga Jumat, selama beberapa minggu. Anda tidak harus tinggal di rumah sakit.

Radioterapi itu sendiri tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi dapat memiliki beberapa efek samping yang signifikan. Kondisi ini dapat bervariasi dan akan berhubungan langsung dengan bagian tubuh Anda yang sedang dirawat. Misalnya, perawatan ke tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, sementara perawatan ke kepala dapat menyebabkan rambut rontok.

  • Obat steroid

Obat steroid kadang-kadang digunakan dalam kombinasi dengan kemoterapi sebagai pengobatan yang lebih intensif untuk kasus limfoma Hodgkin lanjut, atau jika pengobatan awal tidak berhasil. Obat steroid diberikan secara intravena, biasanya bersamaan dengan kemoterapi Anda.

  • Rituximab

Jika Anda didiagnosis menderita limfoma Hodgkin langka yang disebut limfoma Hodgkin yang dominan limfosit, Anda mungkin harus menjalani kemoterapi dalam kombinasi dengan obat yang disebut rituximab. Rituximab adalah jenis terapi biologis yang disebut antibodi monoklonal. Cara ini menempel pada permukaan sel kanker dan merangsang sistem kekebalan untuk menyerang dan membunuh sel.

shares