Kenali 6 Gejala Sakit Radang Tenggorokan pada Anak

Gejala Sakit Radang Tenggorokan pada Anak
Kesehatan

Selain menyerang orang dewasa, radang di tenggorokan juga sangat rentan diderita oleh anak-anak, terutama sekali para bayi. Jika orang dewasa bisa dengan mudah mengidentifikasi radang di tenggorokan yang dialaminya, anak-anak tentu hanya bisa mengekspresikan rasa sakitnya saja. Nah, sebagai orang tua siaga, kenalilah 6 gejala radang tenggorokan yang dialami oleh anak Anda.

  • Demam dan Sakit Kepala

Jika radang di tenggorokan anak dipicu oleh flu yang ia alami, maka gejala yang mungkin muncul adalah suhu tubuhnya yang meningkat. Anak juga mungkin akan mengeluhkan sakit pada kepalanya. Selain itu, anak juga sangat berisiko ingusan, batuk, dan kehilangan nafsu makannya. Hilangnya nafsu makan ini dapat dipengaruhi oleh sakitnya tenggorokan saat menelan makanan.

  • Nyeri di Bagian Telinga

Walaupun yang mengalami radang adalah tenggorokan, namun penderitanya juga berpotensi mengalami rasa sakit dan nyeri pada telinganya. Rasa nyeri pada telinga ini terutama sekali akan dirasakan oleh anak, saat ia menelan makanan. Kelenjar adenoid akan melebar saat terjadi radang di tenggorokan. Melebarnya kelenjar ini akan menyumbat saluran eustachius, sehingga nyeri pun muncul.

  • Ada Pembengkakan di Leher Anak

Terjadinya radang di tenggorokan, akan membuat kondisinya membengkak. Tak jarang, di bagian leher penderitanya pun akan terlihat bagian yang mulai membengkak. Nah, jika anak Anda mengeluh sakit di tenggorokannya, lalu Anda merasakan pembengkakan di lehernya, bisa jadi ia memang sedang menderita radang tenggorokan.

  • Ruam Merah di Permukaan Kulit

Saat anak-anak mengalami radang di tenggorokannya, kemungkinannya menderita ruam kemerahan permukaan kulitnya cukup tinggi. Ruam kemerahan ini biasanya muncul di bagian dada, namun juga bisa menyebar ke permukaan kulit lainnya. Warna kemerahan yang muncul saat terjadinya radang di tenggorokan lumayan mencolok dan terasa sangat gatal.

  • Bercak Putih Kekuningan di Belakang Tenggorokan

Saat anak mengeluhkan sakit dan nyeri yang ia rasakan di tenggorokannya, sempatkan untuk melihat bagian dalam mulutnya. Radang di tenggorokan umumnya ditandai dengan bercak putih kekuningan di bagian belakang tenggorokan. Jika bercak putih kekuningan ini memang Anda temukan, sebaiknya segera bawa anak ke klinik kesehatan terdekat.

  • Diare

Jika radang di tenggorokan yang diderita anak Anda disebabkan oleh virus, maka ia berisiko untuk mengalami gejala seperti diare. Saat anak menunjukkan gejala seperti ini, Anda harus siaga untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada anak. Selain karena diare, cairan di tubuh anak pun akan berkurang karena nafsu makan dan minumnya yang menurun.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak kadang tak bisa mengekspresikan rasa sakit yang ia rasakan. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus cermat mengamati tiap gejala yang terlihat saat ia mengeluh sakit atau nyeri. Jika sekiranya anak Anda menunjukkan 6 gejala di atas, kemungkinan besar ia sedang mengalami sakit radang tenggorokan.

shares