Cara Menyimpan ASI yang Benar di Kulkas agar Tidak Basi

Memiliki persediaan Air Susu Ibu (ASI) yang banyak pasti akan sangat menenangkan untuk kebutuhan si kecil. Terlebih jika Anda seorang wanita karir. Namun, perlu Anda perhatikan kalau menyimpan ASI perah itu tidak mudah, sebab ASI akan cepat basi jika tidak disimpan dengan benar. Oleh sebab itu, Berikut ini cara menyimpan ASI yang benar perah (ASIP) dalam kulkas yang benar.

1. Gunakan Wadah yang Tepat untuk Menyimpan ASI

Bicara soal menyimpan ASIP, gunakan wadah bersih seperti botol tertutup, gelas plastik dengan tutup kedap udara, atau tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan ASIP. Ketika Anda menggunakan tempat penyimpanan khusus yang berupa kantong, pastikan ASIP di dalam kantong tidak melebihi garis indikator yang pada kantong wadah khusus.

Kemudian tutup kantong dengan rapat dan letakkan di wadah penyimpanan makanan untuk menghindari kontak dengan daging dan produk mentah lainnya agar ASIP agar tetap steril atau tidak terkontaminasi. Tidak disarankan untuk menyimpan ASIP dalam kantong plastik biasa karena kantong plastik biasa rawan untuk robek.

2. Lokasi Penyimpanan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan ketika menyimpan ASIP adalah di mana Anda menyimpan ASIP Anda, terutama jika Anda menyimpannya di kulkas. Selalu masukkan ASIP Anda yang baru saja dipompa pada  kulkas, karena ini adalah tempat terdingin. Tidak dianjurkan untuk menyimpan ASIP pada pintu kulkas, sebab suhu di bagian pintu kulkas berubah setiap kali dibuka dan ditutup.

3. Mencampur ASIP dari Beberapa Sesi Memompa

Terkadang saat memompa ASIP, hasilnya tidak terlalu bagus, sehingga timbul pertanyaan, “Bisakah mencampur ASIP yang baru saja dipompa ke ASIP yang telah disimpan di kulkas?”. Tentunya boleh-boleh saja. menyimpan ASIP dengan mencampurkan dari beberapa sesi pemompaan tidak ada masalah.

Tapi, perlu diperhatikan kalau jeda waktu ASIP tidak lebih dari 24 jam, dan ketika kedua hasil ASIP dicampur, mereka harus berada pada suhu yang sama. Jadi, Anda perlu mendinginkan ASIP segar terlebih dahulu sampai suhunya sama dengan ASIP yang ingin Anda campur. Jangan mencampur ASIP segar  dengan ASIP beku karena dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri.

4. Jangan Panaskan Ulang ASIP yang Sudah Pernah Dihangatkan

Metode menyimpan ASIP yang perlu diperhatikan adalah hanya perlu dipanaskan sekali. Susu yang dipanaskan berulang kali dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri. Jika anak Anda tidak minum ASIP yang sudah disiapkan, Anda bisa menyimpannya di kulkas. Kemudian sajikan dingin ketika bayi Anda siap makan, dan jangan dipanaskan lagi.

Satu pertanyaan lain yang selalu ada kaitannya dengan bagaimana cara menyimpan ASI yang benar perah pada kulkas adalah bagaimana cara mencairkannya. Cara mencairkan ASIP adalah dengan mengalirkan air hangat atau menempatkan pada wadah berisi air hangat. Serta cairkan ASIP 12 jam sebelum dihidangkan untuk si kecil.