Apa yang Menyebabkan Kredit Online Ditolak?

Apa yang Menyebabkan Kredit Online Ditolak?
Others

Bukan hanya peminat kartu kredit saja yang kerap ditolak saat pengajuan, melainkan juga orang-orang yang mengajukan kredit online lewat perusahaan teknologi finansial pun ada beberapa orang yang tidak disetujui aplikasinya karena berbagai sebab.

Ada beberapa sebab yang perlu diperhatikan saat perusahaan fintech kredit online menolak permohonan kamu.

Syarat Administrasi Kurang

Seleksi awal biasanya dilakukan pertama kali lewat kelengkapan administrasi. Seperti Kredivo contohnya. Syarat umum untuk mendaftar di Kredivo sebetulnya mudah. Hanya saja jika belum memenuhi syarat di bawah ini sudah dipastikan aplikasinya akan ditolak.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Penghasilan Tidak Tetap

Dalam syarat utama sebetulnya sudah dijelaskan berapa batas minimal pendapatan. Dari persyaratan inilah perusahaan bisa menentukan apakah seseorang layak mendapatkan persetujuan ataupun tidak.

Kesulitan dalam menentukan ketika ada seseorang pendaftar yang penghasilannya tidak tetap serta kurang memenuhi batas minimal. Meskipun ada yang sudah memenuhi pun belum tentu lolos. Bisa saja karena masih ada utang yang belum dilunasi.

Artinya, kondisi finansial seseorang akan menjadi patokan utama disetujui atau tidaknya sebuah pengajuan pendaftaran.

Masih Punya Utang

Ketika ingin mengajukan utang baru, logikanya utang Anda akan bertambah. Jika kedua utang tersebut ditotal dan hasilnya masih dibawah pendapatan bulanan sebenarnya tidak masalah.

Yang menjadi masalah adalah saat nilainya sudah melampaui batas ideal kepemilikan utang. Secara logis, jika ingin mengajukan utang baru, sebaiknya lunasi terlebih dahulu utang lama, baru kemudian mengajukan utang baru.

Begitu pula pengajuan pinjaman lewat aplikasi online. Jika ternyata terdeteksi masih memiliki utang yang belum dilunasi, sepertinya akan berat untuk mendapatkan persetujuan.

Sudah pernah di blacklist dalam database BI Checking

Pentingnya menjaga riwayat keuangan karena efeknya bisa merembet ke mana-mana. Sistem inilah yang juga menjadi alasan utama seseorang ditolak terus pengajuan berbagai pinjaman mulai dari kredit online, pinjaman usaha, KPR hingga kartu kredit.

Alasannya karena pengalaman kasus pembayaran di lembaga keuangan sebelumnya masih ada yang belum diselesaikan. Jika sudah demikian mau tidak mau kamu harus tetap menyelesaikan tanggung jawab tersebut sampai nama kamu dibersihkan dari daftar hitam.

Proses seleksi lewat Kredivo sebenarnya lebih canggih karena menggunakan machine learning yang akan membaca dan menganalisa data-data yang disubmit lewat aplikasi. Proses identifikasi dan analisa inilah yang sebenarnya menjadi pangkal proses persetujuan.

Karena dibantu dengan mesin kecerdasan dan big data sebagai basis pengolahan data, persetujuan pendaftaran disetujui atau tidak bisa diketahui dalam waktu kurang dari 24 jam saja. Inilah proses yang lebih cepat daripada proses analisa di bank pada umumnya.

Soal produk pinjaman pun Kredivo lebih inovatif karena menyediakan dua pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Masing-masing memiliki suku bunga yang sama yaitu 2,95 persen per bulan dengan biaya admin di awal sebesar 6 persen dari total pinjaman.

Perbedaannya hanya terletak pada plafon dan tenor cicilan saja. Kredivo juga berfungsi sebagai kredit online yang bisa digunakan untuk belanja di lebih dari 200 merchant seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya.

Untuk pembayaran bisa menggunakan opsi bayar dalam waktu 30 hari tanpa bunga atau cicilan mulai dari 3,6 dan 12 bulan dengan bunga rendah hanya 2,95% saja per bulan.

Sebagai super app, Kredivo juga dapat digunakan untuk pembayaran berbagai tagihan (Air, BPJS, Telepon Listrik) serta pembelian tiket pesawat. Beli tiketnya pun bisa dicicil dengan sangat mudah.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat yang diberikan Kredivo. Tak hanya sebagai kartu kredit online, tetapi lebih dari itu semua.

shares