Mitos Seputar Kehamilan yang Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Janin

Momen kehamilan merupakan masa yang menyenangkan dan pasti sangat ditunggu-tunggu oleh para Ibu. Anda tentu akan melakukan segala hal guna menjaga kesehatan diri dan juga janin yang Anda kandung, sehingga tumbuh kembang janin dapat berjalan dengan sempurna.

Tak heran jika kini banyak mitos seputar kehamilan yang kebenarannya masih simpang siur, apakah hal tersebut hanya isapan jempol belaka atau memang sebuah fakta. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Pisang Dempet Membuat Janin Menjadi Kembar Siam

Pernahkah Anda mendengar mitos jika bumil mengonsumsi pisang dempet dapat berpengaruh pada janin menjadi bayi kembar siam? Padahal faktanya secara medis, pisang dempet sama sekali tidak memiliki pengaruh apapun pada kelahiran bayi kembar. Sehingga dapat disimpulkan jika mengonsumsi pisang dempet tidak lantas membuat Anda memiliki bayi kembar.

  • Olahraga Dapat Membahayakan Janin

Anda pasti kerap mendengar pernyataan jika ibu hamil dilarang melakukan olahraga. Padahal faktanya, olahraga ringan disarankan untuk ibu hamil agar Ibu dan juga bayi selalu dalam kondisi sehat. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti yoga, pilates, berenang, atau berjalan.

  • Nanas Dapat Menyebabkan Keguguran

Mitos yang satu ini memang terdengar menakutkan, sehingga banyak bumil yang memilih untuk menghindari nanas saat masa kehamilan. Mitos ini tercipta karena adanya enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas, yang mampu memecah protein sehingga menimbulkan pendarahan abnormal.

Padahal faktanya kandungan bromelain pada nanas terbilang sangat kecil, sehingga jika bumil mengonsumsinya dalam jumlah wajar maka tidak akan berdampak pada kehamilan. Justru nanas mengandung nutrisi tinggi seperti vitamin C dan B6 yang baik bagi kesehatan ibu dan juga tumbuh kembang janin.

  • Minum Es Dapat Membuat Ukuran Janin Besar

Mitos lain yang juga banyak dipercaya ibu hamil adalah mengonsumsi es dapat membuat ukuran janin lebih besar. Padahal faktanya, air es atau air dingin tidak memberikan pengaruh apapun pada ukuran janin yang Anda kandung.

Tumbuh kembang si Kecil dalam perut Anda tidak akan terganggu, jika Anda mengonsumsi es dalam batas wajar serta minuman tersebut tidak mengandung banyak gula.

  • Durian Berbahaya Bagi Kesehatan Janin

Tak sedikit yang mengatakan bahwa mengonsumsi durian saat hamil dapat membuat tubuh bumil terasa panas dan membahayakan kesehatan janin. Padahal, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa durian benar-benar dapat membahayakan kondisi janin. Sehingga Anda dapat mengonsumsi durian ketika hamil, namun tetap dalam jumlah yang wajar.

Lupakan Mitos, Bumil Perlu Memenuhi Asupan Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Janin

Pada masa kehamilan, bumil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dua kali lebih banyak. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya gizi seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur, dan susu yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

Itulah mitos seputar kehamilan yang berpengaruh pada kesehatan dan juga tumbuh kembang janin yang kerap membuat resah para bumil. Semoga membantu.